Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Hotspot di Mikrotik.

Apa itu Hotpsot?

Hotpsot adalah salah satu pemanfaatan teknologi wireless pada Local Area Network yang biasanya berada pada ruang publik, seperti restoran, kampus, perkantoran atau yang lainnya. Lalu apa itu Hotspot Mikrotik? 

Hotspot Mikrotik adalah sebuah fitur atau layanan yang disediakan oleh perangkat Router Mikrotik untuk mengelola akses internet bagi pengguna yang terhubung ke jaringan nirkabel (wireless) atau kabel. Fitur ini umumnya digunakan di lingkungan seperti kafe, hotel, ruang publik atau tempat-tempat lainnya dimana admin jaringan ingin memberikan akses internet kepada pengguna dengan beberapa fitur dan dimana kita dapat mengendalikannya.

Berikut ini adalah tutorial bagaimana kita dapat men-setup hotspot pada Mikrotik, disini admin menganalogikan kalian sudah masuk ke dalam Mikrotik melalui aplikasi Winbox.

  • Buka menu IP > Hotspot, maka akan muncul jendela baru seperti tampilan berikut ini. Kalian langsung klik saja menu Hotspot Setup, kemudian akan muncuk jendela Hotspot Setup, lalu klik tanda panah kebawah dan pilih interface mana yang ingin kalian beri akses melalui Hotspot. Disini admin pilih Bridge Lokal dimana Bridge Lokal admin arahkan ke semua interface pada Router, jadi siapa saja yang ingin konek internet harus memasukkan login Hotspotnya terlebih dahulu. Kemudian Klik Next.

Sumber Gambar: Penulis

 

  • Kemudian kalian akan diminta memasukkan IP Address Lokal kalian, disini IP Address admin adalah 192.168.2.1, kemudian klik next.


  •  Kemudian kalian akan memasukkan address pool seperti dibawah ini, address pool adalah jumlah klien yang bisa konek ke dalam internet kalian, contoh seperti yang admin dibawah ini semua client yang ada pada prefix IP /24 dapat terhubung. Untuk address pool disesuaikan sesuai kebutuhan. Klik next.


  • Selanjutnya kalian bisa next saja seperti gambar dibawah ini.

 

 

  • Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan DSN server, kalian bisa memasukkan DNS daripada provider kalian, klik next. Maka akan muncul tampilan hotspot yang kalian buat seperti dibawah ini, hsprof1.

 



  • Selanjutnya yang akan kita buat adalah  User, dimana User adalah client yang dapat login ke dalam hotspot kalian. Klik tanda tambah biru di kiri atas untuk membuat User, kemudian pada "name" adalah login hotspot, dan password adalah password loginnya. Jika sudah dibuat, klik Apply > OK.

 

 
 
  •  Selanjutanya pada menu User Profiles, pada bagian Name, masukkan nama profile untuk hotspot kalian. Jika kalian ingin memberikan limitasi Bandwidth, ketikkan seperti gambar dibawah ini, sebagai contoh yang admin buat 6M/6M yang berarti Upload dan Download nya hanya di Allow 6Mbps pada user profile tersebut. Kemudian klik Apply > Ok. Jika sudah, maka konfigurasi Hotspot pada Mikrotik sudah selesai dibuat.
 

 
  • Selanjutnya coba login ke hotspot kalian dengan cara konek ke wifi, kemudian kalian akan di arahkan menuju ke halaman login Hotspot seperti dibawah ini. Tampilan berikut ini merupakan tampilan default dari Hotspot Mikrotik. Masukkan user yang sebelumnya sudah kalian buat, kemudian klik OK.


Demikian tutorial kali ini, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan isi di dalam kolom komentar.


Happy Surfing!


Posting Komentar untuk "Cara membuat Hotspot di Mikrotik."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel