Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti PING, RTO, DHU, TTL dan Reply

 Dalam keseharian kita, tentu kita sering berhadapan dengan apa itu PING, DHU, TTL dan Reply. Namun sedikit sekali yang memahami arti dari masing-masing informasi tersebut. Untuk itu admin akan coba berbagi pengetahuan tentang arti dari singkatan di atas.


Sumber Gambar: https://www.keycdn.com/


PING

Pengertian: Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah perintah atau protokol jaringan yang digunakan untuk menguji ketersediaan atau jangkauan (reachability) dari sebuah host (komputer atau server) pada jaringan Internet Protocol (IP). Ping juga dapat mengukur waktu yang diperlukan untuk mengirim dan menerima balik pesan antara host pengirim dan tujuan.

Fungsi Ping sendiri digunakan untuk memeriksa apakah sebuah host dapat dijangkau di dalam jaringan. Ini membantu mengidentifikasi masalah konektivitas dan mengukur latensi (waktu tempuh) antara host pengirim dan tujuan.


RTO

Pengertian: RTO merupakan singkatan dari Request Time Out terjadi ketika host pengirim mengirimkan permintaan ping ke tujuan, tetapi tidak menerima balasan dalam jangka waktu tertentu. Sederhananya seperti kita memanggil orang, namun orang tersebut tidak menjawab panggilan kita.

Fungsi: Menunjukkan bahwa komunikasi dengan tujuan tertentu mengalami kendala atau lambat, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti masalah jaringan, konfigurasi firewall, atau ketidaktersediaan sementara tujuan.


DHU

Pengertian: DHU merupakan singkatan dari Destination Host Unreachable, pesan yang muncul ketika router atau gateway menyadari bahwa tidak dapat mengirimkan paket ke tujuan yang diinginkan. 

Fungsi: Menandakan bahwa host pengirim tidak dapat mencapai tujuan karena alasan tertentu, seperti kesalahan konfigurasi, masalah jaringan, atau ketidakaktifan host tujuan.


Reply

Pengertian: Reply adalah balasan terjadi ketika tujuan menerima permintaan ping dari host pengirim dan mengirimkan respons balik.

Fungsi: Menunjukkan bahwa koneksi antara host pengirim dan tujuan berfungsi dengan baik. Balasan biasanya mencakup informasi tentang waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan pulang-pergi (round-trip time).


TTL

Pengertian: TTL Merupakan singkatan dari Time To Live, adalah nilai dalam sebuah paket yang membatasi masa hidup atau umur paket tersebut. Nilai TTL ditetapkan oleh pengirim dan dikurangi satu setiap kali paket melewati sebuah router.

Fungsi: TTL membantu mencegah paket dari beredar secara tak terbatas di dalam jaringan. Jika nilai TTL mencapai nol, paket akan dibuang, dan mungkin sebuah pesan kesalahan dikirim kembali kepada pengirim.

Demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian, terima kasihhh

2 komentar untuk "Arti PING, RTO, DHU, TTL dan Reply"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel